Skip to main content

Apa itu Performa Tim Penjualan?

Performa Tim Penjualan pada Accounting+ merupakan laporan ukuran atau evaluasi terhadap seberapa efektif dan efisien sebuah tim penjualan dalam mencapai target dan tujuan bisnis yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Performa ini mencerminkan kemampuan tim dalam menjual produk atau jasa, dengan melihat performa dalam bulanan, total penagihan dan total pembayaran.
Performa tim Penjualan merujuk kepada transaksi input menu **Penjualan, Faktur Penjualan, **dan **Pembayaran Penjualan ** dengan statif aktif dan final
Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membaca **Laporan Performa Tim Penjualan **pada aplikasi Accounting+.

Membaca Laporan Performa Tim Penjualan

Navigasi melalui Penjualan → Laporan → Performa Tim Penjualan
Nama FieldKeterangan
NamaNama lengkap tim penjualan.
BulanBulan terjadinya transaksi atau aktivitas penjualan
TahunTahun terjadinya transaksi atau aktivitas penjualan.
Total Pesanan PenjualanJumlah unit atau jumlah pesanan yang diterima dalam periode tersebut.
NominalNilai total uang dari seluruh pesanan yang diterima.
Total PenagihanJumlah tagihan yang telah dibuat dan dikirim ke pelanggan dalam periode tersebut.
NominalNilai total uang yang ditagihkan kepada pelanggan.
Total PembayaranJumlah pembayaran yang sudah diterima dari pelanggan selama periode tersebut.
NominalNilai uang yang sudah dibayarkan oleh pelanggan.

Contoh Membaca Laporan

report-salespeformance.png Pada kode 001, Tim penjualan atas nama Zulkifli Syukur pada bulan Mei Tahun 2025 mendapatkan 2 total pesanan dengan nominal 5.745.500. Total jumlah tagihan yang telah dibuat dan dikirim ke pelanggan dalam periode tersebut adalah 1 kali penagihan dengan nominal 513.000. Jumlah total pembayaran yang sudah diterima dari pelanggan selama periode tersebut adalah 0, berarti belum ada pelanggan yang melakukan pembayaran.

Tips Analisis dan Tindakan

  • Pastikan semua pesanan sudah ditagih dengan benar dan tepat waktu dengan melihat Laporan Tagihan Penjualan.
  • Tingkatkan follow-up atau lakukan komunikasi aktif dengan pelanggan untuk mempercepat pembayaran.
  • Identifikasi penyebab apabila pada laporan menunjukkan keterlambatan, cari tahu alasan keterlambatan pembayaran dari pelanggan.
  • Evaluasi kinerja dengan membaca**Performa Tim Penjualan, ** bandingkan dengan tim lain dan berikan dukungan jika diperlukan.
  • Pantau status pesanan, tagihan, dan pembayaran secara real-time dengan Laporan Tagihan Penjualan.