Apa itu Kategori Pelanggan?
Master data Accounting+ untuk pengelompokan atau klasifikasi pelanggan berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan kebutuhan bisnis atau organisasi.Data Kategori Pelanggan yang di buat di menu ini nantinya merupakan list kategori pelanggan yang muncul pada pada pembuatan Pelanggan.
Membuat Kategori Pelanggan
- Klik menu Penjualan pada navigasi menu.
- Pilih Data Master → Kategori Vendor
- Klik tombol **Tambah, **tombol ini berada di pojok kanan atas.
- Isikan field pada informasi utama :

| Nama Field | Keterangan |
|---|---|
| Kode | Kode otomatis yang akan terbentuk saat pelanggan disimpan, digunakan identifikasi unik pelanggan. |
| Nama | Nama kategori pelanggan. |
- Klik Simpan tuntuk menyimpan pembuatan kategori pelanggan, Klik Abaikan untuk membatalkan pembuatan kategori pelanggan.
Melihat Kategori Pelanggan
- Setelah di Simpan, list kategori pelanggan akan ditampilkan sesuai gambar ini:

- Klik titik tiga di bagian kanan informasi Tim Penjualan. Titik tiga ini merupakan _More Options _yang terdiri dari pilihan Detail dan Edit.
- Klik Detail, digunakan untuk melihat detail informasi dari list data.

- Pada tampilan detail akan terlihat informasi utama kode dan kategori pelanggan.

Mengedit Kategori Pelanggan
- Klik menu **Penjualan **pada menu navigation.
- Pilih Data Master → Kategori Pelanggan
- Klik titik tiga di bagian kanan informasi Tim Penjualan. Titik tiga ini merupakan _More Options _yang terdiri dari pilihan Detail dan Edit.
- Klik Ubah, digunakan untuk mengedit atau memperbarui data yang sudah ada.
- Anda hanya dapat mengubah nama tim penjualan sedangkan kode penjualan tidak dapat diubah kembali

- Klik Simpan tuntuk menyimpan perubahan informasi kategori penjualan, Klik Abaikan untuk membatalkan perubahan informasi kategori pelanggan.