Skip to main content

Apa itu Pelanggan?

Master data Accounting+ untuk mencatat Pelanggan/individu, kelompok, atau organisasi yang membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau penyedia layanan. Pelanggan merupakan pihak target utama dari aktivitas penjualan dan pemasaran, karena pelanggan yang memberikan pendapatan bagi bisnis melalui pembelian.
Data Master Pelanggan yang di buat di menu ini nantinya merupakan list nama pelanggan yang muncul pada Faktur Penjualan, Pembayaran Penjualan dan Penjualan.
Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat, melihat dan mengedit master Pelanggan pada aplikasi Accounting+.

Membuat Pelanggan

  1. Klik menu Penjualan pada navigasi menu.
  2. Pilih Penjualan → Data Master → Pelanggan
  3. Klik tombol **Tambah, **tombol ini berada di pojok kanan atas.
  4. Isikan field pada informasi utama dan alamat:
add-cust.png
Tanda * merupakan tanda mandatory/wajib diisi sebelum disimpan.
Nama FieldKeterangan
KodeKode otomatis yang akan terbentuk saat pelanggan disimpan, digunakan identifikasi unik pelanggan.
NamaNama lengkap pelanggan.
EmailAlamat email milik pelanggan yang digunakan sebagai media komunikasi dan notifikasi.
AlamatAlamat dimana pelanggan berada.
KotaNama kota dimana pelanggan berada.
NegaraNama negara dimana pelanggan berada.
Kode PosKode pos milik pelanggan.
Informasi TambahanMenambahkan informasi NPWP dan nomor telepon milik pelanggan.
Rekening BankRekening Bank milik pelanggan yang digunakan untuk transaksi.
Rekening bank milik pelanggan dapat diisikan lebih dari satu rekening apabila pelanggan memiliki beberapa rekening, penambahan dilakukan dengan cara klik Tambah Item pada field Rekening Bank.
  1. Klik Simpan tuntuk menyimpan pembuatan pelanggan, Klik Abaikan untuk membatalkan pembuatan pelanggan.

Melihat Data Pelanggan

  1. Setelah di Simpan, list pelanggan akan ditampilkan sesuai gambar ini:
list-cust.png
  1. Klik titik tiga di bagian kanan informasi kategori vendor. Titik tiga ini merupakan _More Options _yang terdiri dari pilihan Detail dan Edit.
  2. Klik Detail, digunakan untuk melihat detail informasi dari list data.
detail-cust.png
  1. Pada tampilan detail akan terlihat informasi utama dan alamat vendor. Pada tampilan detail akan terlihat status dokumen Aktif atau Non-Aktif.

Mengedit Data Pelanggan

  1. Klik menu **Penjualan **pada navigasi menu.
  2. Pilih Data Master → Tim Penjualan
  3. Klik titik tiga di bagian kanan informasi Tim Penjualan. Titik tiga ini merupakan _More Options _yang terdiri dari pilihan Detail dan Edit.
  4. Klik Ubah, digunakan untuk mengedit atau memperbarui data yang sudah ada.
  5. Anda hanya dapat mengubah informasi pada data pelanggan, informasi tambahan dan rekening bank.
edit-cust.png
  1. Klik Simpan tuntuk menyimpan perubahan informasi pelanggan, Klik Abaikan untuk membatalkan perubahan informasi pelanggan.