Skip to main content
Pembayaran Pembelian pada Accounting+ merupakan proses pencatatan dan pelaksanaan pembayaran atas faktur atau tagihan yang diterima dari pemasok (supplier) setelah melakukan pembelian barang atau jasa.
Pembayaran/Pelunasan atas Tagihan pembelian kepada Vendor
Istilah lain: Nota Pembayaran/ Kwitansi PembayaranPembayaran dibuat berdasarkan Faktur/Tagihan dengan status FinalPembayaran bisa dibuat otomatis ketika membuat Faktur
Pembayaran akan mengurangi nilai hutang dari Faktur/Tagihan Pembelian. Pembayaran akan membentuk jurnal otomatis. Pembayaran akan mempengaruhi Laporan Arus Kas dan Buku Kas.
Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat, melihat dan mengedit Pembayaran Pembelian pada aplikasi Accounting+.

Membuat Pembayaran Pembelian

  1. Klik menu Pembelian pada navigasi menu.
  2. Pilih Transaksi → Pembayaran Pembelian.
  3. Klik tombol **Tambah, **tombol ini berada di pojok kanan.
  4. Isikan informasi utama:
add-outcoming-payment.png
Nama FieldKeterangan
Dokumen#Nomor dokumen yang akan otomatis terisi ketika Pembayaran Pembelian di Simpan.
TanggalMerupakan tanggal pembuatan Pembayaran pembelian.
VendorBerisi pilihan vendor
Akun BankField berbentuk dropdown untuk memilih akun bank yang digunakan pembayaran pembelian.
  1. Anda harus mengisikan vendor terlebih dahulu untuk dapat menambahkan faktur pembelian.
  2. Klik Tambah Item, untuk menambahkan faktur pembelian yang akan dibayar.
item-outcomingpayment.png
  1. Akan muncul pop up yang berisikan list faktur pembelian, Klik Checkbox pada faktur yang akan dibayarkan lalu klik Choose. Faktur yang muncul pada list merupakan faktur yang memiliki status final.
check-faktur-outcoming.png