Skip to main content

Apa itu Jangka waktu Pembayaran?

Jangka waktu pembayaran adalah periode waktu yang diberikan untuk melakukan pelunasan atau pembayaran atas suatu tagihan atau kewajiban keuangan. Jangka waktu ini biasanya ditentukan oleh pihak penjual atau penyedia layanan dan menjadi batas kapan pembayaran harus dilakukan agar tidak terjadi keterlambatan.
Jangka waktu pembayaran adalah durasi waktu yang ditetapkan untuk menyelesaikan pembayaran suatu transaksi atau hutang.
Jangka Waktu Pembayaran yang dibuat akan menjadi dasar untuk menentukan Jangka waktu pembayaran yang ditetapkan pada menu Penjualan dan Pembelian
Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat, melihat dan mengedit Jangka Waktu Pembayaran pada aplikasi Accounting+.

Membuat Jangka waktu Pembayaran

  1. Klik Setting pada Profil Pengguna.
  2. Pilih Data Master → Umum → Akun Bank.
  3. Klik tombol Tambah, tombol ini berada di pojok kanan atas.
  4. Isikan informasi utama :
    Nama FieldKeterangan
    KodeKode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi jangka waktu pembayaran.
    NamaNama untuk identifikasi jangka waktu pembayaran.
    Jumlah HariKeterangan jumlah hari.
    CatatanTempat untuk menyimpan informasi tambahan atau keterangan yang relevan terkait data.
  5. Apabila field sudah diisi, cek kembali lalu klik Save untuk menyimpan.

Melihat Jangka waktu pembayaran

  1. Setelah di Simpan, list jangka wkatu pembayaran akan ditampilkan sesuai gambar ini:
  2. Klik titik tiga di bagian kanan informasi Jangka waktu pembayaran. Titik tiga ini merupakan More Options yang terdiri dari pilihan Details dan Edit.
  3. Klik Details, digunakan untuk melihat detail informasi dari list data.

Mengedit Jangka waktu pembayaran

  1. Klik titik tiga di bagian kanan informasi Jangka waktu pembayaran. Titik tiga ini merupakan More Options yang terdiri dari pilihan Details dan Edit.
  2. Klik Edit, digunakan untuk merubah detail informasi dari list data. Perubahan informasi dapat dilakukan pada Nama, Jumlah hari dan catatan.